Lompat ke isi utama

Berita

Sinergi Bawaslu Banyumas dengan BPJS Ketenagakerjaan Sukseskan Pilkada 2024

Rani Zuhriyah

Anggota Bawaslu Kabupaten Banyumas, Rani Zuhriyah saat memberikan sambutan kegiatan Sosialisasi Program BPJS Ketenagakerjaan bagi Petugas Pengawas Pemilu Kabupaten Banyumas, Selasa (9/7).

PURWOKERTO, BAWASLU BANYUMAS - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Banyumas menggandeng BPJS Ketenagakerjaan untuk menjamin keselamatan jajaran Pengawas Pemilu Adhoc di tingkat Kecamatan sampai dengan Pengawas TPS. Menurut Anggota Bawaslu Kabupaten Banyumas, Rani Zuhriyah, jaminan keselamatan bagi Pengawas Pemilu adalah hal yang penting mengingat betapa beresiko kerja-kerja pengawasan. 

"Perlindungan bagi Pengawas Pemilu yang meliputi Petugas Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) dan Petugas Pengawas Desa atau Kelurahan (PKD) serta Pengawas TPS (PTPS) pada Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024 adalah hal yang sangat penting, sehingga dalam menjalankan tugasnya lebih merasa aman dan nyaman." kata Rani saat memberikan sambutan kegiatan Sosialisasi Program BPJS Ketenagakerjaan bagi Petugas Pengawas Pemilu Kabupaten Banyumas, Selasa (9/7).

Rani mengatakan Pengawas adhoc memiliki tugas yang cukup berat. Hampir sebagian besar tugas Panwascam, PKD bersifat teknis dan terjun langsung ke lapangan yang membutuhkan tenaga, pikiran yang cukup ekstra. Dalam hal ini resiko kerja pengawasan cukup besar sehingga perlu adanya jaminan keselamatan dalam melaksanakan tugasnya. Namanya pengawasan tidak mengenal waktu. Terlebih pelanggaran itu terjadi tidak mengenal waktu, baik siang, sore atau malam. Untuk itu, Pengawas Pemilu sangat disarankan untuk bergabung dalam kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan untuk mendapatkan jaminan perlindungan sosial.

Sebenarnya perlindungan bagi Pengawas Pemilu Adhoc ini sudah berjalan sejak Pemilu 2024 lalu. Berhubung ada beberapa Pengawas Pemilu Adhoc dan Staf yang baru pada Pilkada 2024 ini, maka perlu adanya Sosialisasi kembali dan bagi yang sudah terdaftar hanya melanjutkan saja. (Humas Bawaslu Banyumas)

Tag
bawaslu
bawaslu banyumas
Berita