Lompat ke isi utama

Berita

Siap Awasi Pemilu 2024, 176 Pengawas TPS Kalibagor Resmi Dilantik

Pelantikan Pengawas TPS Kalibagor

Pelantikan Pengawas TPS se-Kecamatan Kalibagor, Senin (22/1)

KALIBAGOR, BAWASLU BANYUMAS- Sebanyak 176 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) se-Kecamatan Kalibagor resmi dilantik di Pasar Wisata Kalisada Kaliori, Senin (22/1). 176 Pengawas TPS tersebut berasal dari 12 desa di Kecamatan Kalibagor.

Acara pelantikan dan pengambilan sumpah/janji Pengawas TPS dihadiri oleh Forkopimcam Kalibagor, Camat Kalibagor, Leonato Adi Sasmita, Kapolsek Kalibagor, AKP. Diah Sudiarti dan Danramil Kalibagor, Kapten Inf. Sugeng M. Riyadi. Hadir pula Ketua Pemilihan Kecamatan (PPK) Kalibagor, Cahyanto.

Ketua Panwaslu Kalibagor, Achmad Yantoro menyampaikan selamat kepada Pengawas TPS terlantik. Dia juga meminta Pengawas TPS yang baru saja dilantik untuk menjaga marwah Bawaslu dan menjaga etika sebagai pengawas pemilu dalam melaksanakan tugas, wewenang dan kewajibannya.

Pengawas TPS Kalibagor
Foto bersama usai Pelantikan Pengawas TPS se-Kecamatan Kalibagor, Senin (22/1)

Dalam kesempatan yang sama, Leonato menyampaikan agar Pengawas TPS selalu berkoordinasi baik dengan Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) maupun Panwaslu Kecamatan. Hal tersebut perlu dilakukan agar kendala - kendala selama pengawasan dapat segera diatasi sehingga pemilu damai, lancar dan aman bisa terwujud khususnya di Kecamatan Kalibagor.

Usai pelantikan,  acara dilanjutkan pembekalan kepada Pengawas TPS. Anggota Panwaslu Kecamatan Kalibagor, Rajak Kartika Kirana menyampaikan materi terkait Siwaslu (Sistem Pengawasan Pemilu ) aplikasi dari Bawaslu RI yang harus diunduh melalui playstore oleh setiap pengawas dari tingkat Pengawas TPS sampai tingkat Bawaslu RI. 

"Dengan adanya Siwaslu ini, diharapkan semua Pengawas TPS bisa mengakses agar kebutuhan laporan cepat bisa segera dilaksanakan," ujar Rajak. 

Untuk selanjutnya akan diadakan bimbingan teknis  lanjutan agar persiapan Pengawas TPS dalam mengawal dan mengawasi pemilu 2024 bisa optimal. (Rajak Kartika Kirana/Humas Panwaslu Kalibagor)