Lompat ke isi utama

Berita

Saka Adhiyasta Pemilu Bawaslu Banyumas Ikut Sukseskan Pemilu 2024

Bawaslu Banyumas

 

PURWOKERTO, BAWASLU BANYUMAS-Gelar Pembinaan dan Pelatihan Saka Adhiyasta Pemilu Kamis, 9 November 2023. Kegiatan tersebut diikuti oleh Anggota Saka Adhiyasta Pemilu dan Anggota Bawaslu Kabupaten Banyumas, di Kantor Bawaslu Kabupaten Banyumas.

Rani Zuhriyah, Anggota Bawaslu Banyumas menyampaikan SAKA Adhyasta Pemilu memiiki 3 (Tiga) Krida, Masing-masing Krida memiliki Syarat Kecakapan Khusus (SKK) dan Tanda Kecakapan Khusus(TKK) tersendiri yaitu Krida Pengawasan dengan TKK, Krida Pencegahan dengan TKK, Krida Penanganan Pelanggaran dengan TKK.

“Saka Adhyasta Pemilu adalah wadah pendidikan dan pembinaan guna menyalurkan minat, mengembangkan bakat, dan menambah pengalaman para Pramuka Penegak Pandega dalam ilmu pengetahuan dan teknologi serta keterampilan praktis dalam bidang pencegahan dan pengawasan pemilu guna menumbuhkan kesadaran untuk berperan serta dalam pengawasan pemilu”, kata Rani.

Rani Zuhriyah juga menyinggung tentang politik uang yang dapat terjadi ketika masa kampanye yaitu berupa uang, sembako, dan baju dengan tujuan untuk mempengaruhi seseorang. Solusinya yaitu dorongan partisipatif masyarakat untuk ikut mengawasi pemilu.

Hadirnya pengawasan oleh masyarakat dalam pelaksanaan pemilu disebut juga dengan pengawasan partisipatif. Kemudian, dilanjutkan dengan penyusunan panitia pelaksana penerima anggota baru Satuan Karya Adhyasta Kwartir Cabang Banyumas Tahun 2023.(Humas/Bawaslu Banyumas)