Lompat ke isi utama

Berita

Resmi Dilantik, 5.587 Pengawas TPS Banyumas Siap Awasi Pemilu 2024

Rani Zuhriyah

Rani saat memberikan pengarahan pada Bimbingan Teknis Pengawas TPS di Kecamatan Tambak, Senin (22/1).

BANYUMAS - BAWASLU BANYUMAS- Sebanyak 5.587 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) se-Kabupaten Banyumas resmi dilantik dan diambil sumpah janji oleh masing-masing Panwaslu Kecamatan, Senin (22/1). Mereka akan ditugaskan di 5.587 TPS pada 27 kecamatan se-Kabupaten Banyumas pada Pemilihan Umum Tahun 2024.

Anggota Bawaslu Kabupaten Banyumas, Rani Zuhriyah mengatakan antusiasme masyarakat di Kabupaten Banyumas luar biasa sejak pendaftaran Pengawas TPS dibuka pada tanggal 2 - 6 Januari 2024. Meskipun dibeberapa kecamatan terdapat desa yang melaksanakan perpanjangan pendaftaran karena belum terpenuhinya jumlah pendaftar pada desa tersebut, seperti Kecamatan Ajibarang, Baturaden, Jatilawang, Kalibagor, Kembaran, Purwokerto Barat, Purwokerto Selatan, Rawalo, Sokaraja, Tambak dan Wangon.

"Pengawas TPS merupakan garda terdepan, ujung tombak Bawaslu dalam melaksanakan pengawasan, mengawal dan memastikan penyelenggaraan pemilu dapat berjalan sesuai dengan regulasi yang ada. Oleh karena itu, dalam pembekalan pertama ini saya berharap Pengawas TPS semangat untuk meningkatkan kapasitas, memahami sedetail mungkin apa saja yang harus diwaspadai," kata Rani.

Lebih lanjut Rani menjelaskan, Pengawas TPS tidak hanya bekerja pada hari pemungutan suara. Tetapi, Pengawas TPS harus melaksanakan tugas sejak tahapan persiapan pemungutan suara, pelaksanaan pemungutan suara, persiapan penghitungan suara dan pelaksanaan penghitungan suara.

Rani yang juga Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Kabupaten Banyumas menambahkan dalam Pemilu 2024 ini Bawaslu juga menggunakan Aplikasi Siwaslu sebagai alat bantu untuk bisa melaporkan dan menyajikan data yang akurat dan cepat. Sebelumnya Siwaslu pernah digunakan pada Pemilu 2019 dan kini digunakan kembali.

“Harapannya aplikasi ini tidak mengalami error ketika nanti digunakan oleh Pengawas TPS secara serentak diseluruh Indonesia.” harapnya. (Humas/Bawaslu Banyumas)

Tag
bawaslu