Lompat ke isi utama

Berita

Relawan Patroli Siber Banyumas Awasi Potensi Pelanggaran Konten Internet

Relawan Patroli Siber Banyumas

Rapat Koordinasi dengan Relawan Patroli Siber Banyumas, Selasa (23/1).

PURWOKERTO, BAWASLU BANYUMAS- Bawaslu Kabupaten Banyumas melaksanakan Rapat Koordinasi dengan Relawan Patroli Siber Banyumas membahas pengawasan potensi pelanggaran konten internet pada tahapan kampanye di Kantor Bawaslu Kabupaaten Banyumas, Selasa (23/1). Relawan Patroli Siber Banyumas dikhususkan untuk mengawasi media sosial dan konten-konten internet yang diduga melanggar aturan khususnya terkait pemilu.

Pelanggaran di dunia maya sering kali menggunakan akun anonymous sehingga sulit untuk mengetahui keberadaan terduga pelaku dan hanya dapat men-takedown konten tersebut. Media sosial memang memberikan efek positif selama tahapan masa kampanye, akan tetapi tidak menutup kemungkinan adanya efek negatif seperti penyebaran berita hoax dan ujaran kebencian.

Seluruh jajaran Pengawas Pemilu dan Relawan Patroli Siber Banyumas diminta untuk melaporkan adanya potensi pelanggaran konten internet meskipun terjadi di luar wilayah Banyumas. Bentuk pencegahan potensi pelanggaran konten internet dengan cara kolaborasi dan edukasi, partisipasi serta pengawasan konten dan advokasi platform digital.

Konten internet seperti berita dapat dicek faktanya apakah berita tersebut merupakan berita asli atau berita hoax. Akun baru maupun akun fake yang disinyalir berpotensi melanggar aturan harus tetap diawasi. (Humas Bawaslu Banyumas)

Tag
bawaslu
Pencegahan