Lompat ke isi utama

Berita

Perkuat Kapasitas PKD, Panwaslu Lumbir Hadirkan Mantan Anggota Bawaslu Banyumas

Kecamatan Lumbir

Panwaslu Kecamatan Lumbir beserta jajaran berfoto bersama Anggota Bawaslu Kabupaten Banyumas periode 2018-2023, Saleh Darmawan saat pelaksanaan kegiatan Bimtek Pelatihan Penyelesaian Sengketa Proses Tahapan Pemilihan dan Penanganan Pelanggaran Pemilihan Pilkada 2024 di Rumah Makan Bintang Rasa, Selasa (27/8).

LUMBIR, BAWASLU BANYUMAS - Anggota Bawaslu Kabupaten Banyumas periode 2018-2023, Saleh Darmawan menyambangi Panwaslu Kecamatan Lumbir sebagai pemateri di kegiatan Bimtek Pelatihan Penyelesaian Sengketa Proses Tahapan Pemilihan dan Penanganan Pelanggaran Pemilihan Pilkada 2024 di Rumah Makan Bintang Rasa, Selasa (27/8).

“Bimtek ini merupakan salah satu kegiatan yang diagendakan Panwaslu Lumbir untuk memperkuat kapasitas PKD (Panwaslu Kelurahan/Desa) dalam Pilkada 2024, agar bisa menjadi bekal nanti dalam pengawasan.“ ujar Ketua Panwaslu Kecamatan Lumbir, Sindu Prayitno.

Ditambahkan olehnya, urgensi bimtek penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa ini untuk membekali PKD menjelang tahapan pendaftaran pencalonan Bupati dan Wakil Bupati juga Gubernur dan Wakil Gubernur.

“Pengawasan adalah segala upaya untuk melakukan pencegahan serta penindakan terhadap pelanggaran Pemilihan dan sengketa Pemilihan yang bertujuan untuk memastikan persiapan dan pelaksanaan Pemilihan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Maka penting Pengawas tau makna dari pengawasan itu sendiri,” ujar Saleh Darmawan.

Ditambahkan olehnya, Panwaslu Kecamatan dan PKD harus paham betul perbedaan pelanggaran dan sengketa Pemilihan agar tau batas antar keduanya dan seberapa jauh kewenangan yang dimiliki oleh Panwaslu Kecamatan dan PKD.

“Selain Saleh Darmawan, kami juga mengundang Kapolsek Lumbir, Iptu Katum sebagai Narasumber untuk menjelaskan regulasi juga ancaman dan gangguan pada setiap tahapan Pilkada 2024,” kata Anggota Panwaslu Kecamatan Lumbir, Firda Maria.

Kordiv Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Panwaslu Kecamatan Lumbir, Dariswan menambahkan kedua materi ini sangat penting maka dari itu Panwaslu Kecamatan Lumbir mengambil narasumber yang mempunyai kapasitas dan berpengalaman dengan materi ini. (Firda Maria/Humas Panwaslu Lumbir)

editor: aks

Tag
bawaslu
bawaslu banyumas
Berita
Pilkada2024
Pencegahan