Lompat ke isi utama

Berita

Panwaslu Purwokerto Utara Soroti Pemilih Baru Tanpa Rincian Gender

Kecamatan Purwokerto Utara

Panwaslu Kecamatan Purwokerto Utara soroti pemilih baru tanpa rincian gender saat rapat pleno rekapitulasi DPHP di Aula Kecamatan Purwokerto Utara, Selasa (6/8).

PURWOKERTO, BAWASLU BANYUMAS - Panwaslu Kecamatan Purwokerto Utara menyoroti pemilih baru dalam pleno DPHP yang dilakukan PPK di Aula Kecamatan Purwokerto Utara, Selasa (6/8). Jumlah pemilih baru sendiri mencapai 234 jiwa, namun sayangnya tidak ada rincian gender jelas dari jumlah tersebut. 

"Yang kami pertanyakan, kenapa jumlah pemilih baru sampai 234 tidak dirinci laki-laki berapa, perempuan berapa. Sementara dalam DPHP yang regular jelas ada rincian gendernya," kata Ketua Panwaslu Kecamatan Purwokerto Utara, Farhun AR di Purwokerto, Selasa (6/8).

Selain pemilih baru, kata Farhun juga tidak ada rincian gender untuk pemilih tidak memenuhi syarat (TMS) dan perbaikan data pemilih. Masing-masing 542 TMS, dan 496 perbaikan data pemilih. Artinya ada 1.272 data tanpa kejelasan gender.

"Idealnya rincian gender untuk data pemilih itu standar normatif sekaligus penting. Kami tahu DPHP ini data masih awal, tapi jadi dasar untuk DPS hingga DPT nanti. Jadi, catatan ini kami sampaikan," katanya. 

Sementara PPK Purwokerto Utara menyebut bahwa data dan template yang digunakan adalah breakdown dari KPU. Tidak ada rincian gender untuk pemilih baru. PPK akan meneruskan masukan dari Panwaslu Kecamatan Purwokerto Utara ke KPU.

"Format baku yang kami terima dari KPU seperti itu. Tidak ada rincian laki-laki dan perempuan. Nanti akan kita sampaikan ke KPU, seperti apa followupnya," kata Anggota PPK Purwokerto Utara, Budi Susilo.

Adapun hasil pleno DPHP Purwokerto Utara jumlah pemilih 36.114 jiwa dari tujuh kelurahan. Masing-masing Purwanegara, Bobosan, Sumampir, Bancarkembar, Grendeng, Pabuwaran, Karangwangkal. Pleno dihadiri oleh Forkompimcam, perwakilan partai politik, dan PPS. (Rujito/Humas Purwokerto Utara)

editor: aks

Tag
bawaslu
bawaslu banyumas
Berita
Pilkada2024
Pencegahan