Lompat ke isi utama

Berita

Panwaslu Patikraja Pastikan Uji Publik DPS Efektif

Kecamatan Patikraja

Panwaslu Kecamatan Patikraja bersama Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) Sidabowa melaksanakan pengawasan Uji Publik di Desa Sidabowa, Minggu (25/8)

PATIKRAJA, BAWASLU BANYUMAS - Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslu) Kecamatan Patikraja memastikan bahwa pelaksanaan Uji publik oleh PPS dapat berjalan dengan efektif. Kordiv Hukum Pencegahan Parmas dan Humas Panwaslu Kecamatan Patikraja, Rima Yuliati ikut serta bersama Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) Sidabowa, Ahmad Fauzan Makruf melaksanakan pengawasan Uji Publik di Desa Sidabowa, Minggu (25/8).

"Sebelumnya sudah kami lakukan langkah pencegahan, kami berkoordinasi dengan PPK untuk bisa melaksanakan uji publik secara efektif membuka daftar by name by address, sesuai dengan arahan Bawaslu," ujar Rima.

Menurut Rima pelaksanaan Uji Publik sudah sangat efektif karena PPS membacakan rekap jumlah pemilih menurut jenis kelamin tiap TPS. Saat itu juga PPS membagikan salinan DPS per TPS  untuk dicermati bersama jika terdapat pemilih yang tadinya memenuhi syarat (MS) menjadi tidak memenuhi syarat (TMS) atau sebaliknya. 

Begitu juga dengan desa selain Desa Sidabowa, menurut Rima sudah sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) karena peserta uji publik dipinjami salinan DPS per TPS, kemudian mereka membahas wilayah TPS-nya masing-masing. Jika ada yg meninggal maka ditandai dan dicatat. (Humas Panwaslu Patikraja)

editor: aks

Tag
bawaslu
bawaslu banyumas
Berita
Pilkada2024
Pencegahan