Lompat ke isi utama

Berita

Panwaslu Lumbir Pastikan Kegiatan Pemerintah Tak Ditumpangi Kepentingan Politik

Kecamatan Lumbir

Panwaslu Kecamatan Lumbir bersama Panwaslu Kelurahan/Desa awasi festival kambing tahunan yang dilaksanakan di Lapangan Desa Lumbir, Kamis (8/8).

LUMBIR, BAWASLU BANYUMAS - Festival kambing tahunan dilaksanakan di Lapangan Desa Lumbir, Kamis (8/8). Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD), Mardian bersama Panwaslu Kecamatan Lumbir melaksanakan giat pengawasan dalam kegiatan tersebut untuk memastikan program tahunan pemerintah ini tidak ditumpangi oleh kepentingan politik.

"Kami melakukan pengawasan dikarenakan ada kabar bahwa festival kambing akan dihadiri oleh PJ Bupati dan mantan wakil Bupati Sadewo yang digadang-gadangkan akan maju dalam Pilbub 2024," ujar Ketua Panwaslu Kecamatan Lumbir, Sindu Prayitno di Lumbir, Kamis (8/8).

Dalam acara pembukaan tampak hadir Kepala Desa se-Kecamatan Lumbir, Camat Lumbir beserta jajaran dan juga perwakilan PJ Bupati. 

Acara dibuka oleh Camat Lumbir dan dihibur oleh tarian Wonderfulland dari siswa SMK Sriwijaya 3 Lumbir. 

Menurut Camat Lumbir, Susanti Tri Pamuji, acara ini adalah acara rutin tahunan yang diadakan oleh Kecamatan Lumbir, dimana sebelumnya diadakan di Desa Dermaji dengan tujuan meningkatkan budidaya peternakan Kecamatan Lumbir. 

Sebelumnya Anggota Panwaslu Kecamatan Lumbir, Firda Maria melakukan komunikasi dengan Pihak Penyelenggara agar acara diharapkan bebas dari unsur politik. Karena mendekati tahapan pendaftaran bakal calon dalam Pilkada. 

"Meskipun belum ada calon tetap peserta pemilihan, namun dalam pasal 9 Undang-Undang No 5 Tahun 2014 menyebutkan ASN harus bebas dari pengaruh dan intervensi politik, maka sudah tentu kami berkewajiban untuk melakukan  pengawasan," ujar Firda.

Nuraeni Tri Sadewo tampak hadir sesaat setelah acara seremonial pembukaan selesai dilaksanakan dan tidak memberikan sambutan. 

Acara dilanjutkan dengan penilaian dari dewan juri dan dihibur dengan organ tunggal. Festival kambing selesai pukul 16.30 WIB. (Firda Maria/ Humas Panwaslu Lumbir)

editor: aks

Tag
bawaslu
bawaslu banyumas
Berita
Pilkada2024
Pencegahan