Lompat ke isi utama

Berita

Panwaslu Kebasen Awasi Uji Publik DPS Desa Sawangan

Kecamatan Kebasen

Pelaksanaan Uji Publik terhadap Daftar Pemilih Sementara (DPS) di Desa Sawangan, Minggu (25/8). 

KEBASEN, BAWASLU BANYUMAS - Panwaslu Kecamatan Kebasen mengawasi pelaksanaan Uji Publik terhadap Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang dilaksanakan oleh PPS Desa Sawangan, Minggu (25/8). PPS Desa Sawangan menyampaikan jumlah DPS yang telah melalui proses pleno oleh KPU Kabupaten Banyumas pada tanggal 11 Agustus 2024 lalu.

Selain menyampaikan jumlah DPS, PPS Desa Sawangan juga menampilkan data perubahan dari DP4 menuju DPS melalui proses coklit dan uji data ganda yang merupakan data Tidak Memenuhi Syarat (TMS) yang diantaranya data meninggal dunia dan pindah domisili. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar warga masyarakat bisa secara langsung melakukan pengecekan warganya apakah sudah sesuai dengan Data Pemilih Sementara.

PPS Desa Sawangan juga membagikan berkas DPS kepada Ketua RT dan Ketua RW yang berada di wilayah masing-masing TPS untuk dicermati lebih lanjut. Disamping itu juga PPS Desa Sawangan menganjurkan warga untuk mengecek data pribadi secara mandiri di halaman website www.cekdptonline.kpu.go.id.

Ketua PPS Desa Sawangan, Efrida Amalia menyampaikan bahwa proses pengolahan data pemilih memang belum berakhir, masih ada tahapan terkait pendataan pemilih sehingga menganjurkan kepada seluruh warga untuk segera melaporkan apabila ada data yang belum sesuai. Uji Publik yang dilakukan PPS Desa Sawangan bertujuan agar data pemilih yang diolah untuk Pemilihan Serentak Tahun 2024 di Desa Sawangan benar-benar valid dan tidak tercecer. Sekalipun proses tersebut terutama untuk menampilkan data perubahan pada layar memang bukan arahan langsung dari KPU Kabupaten akan tetapi juga bukan merupakan pelanggaran publikasi data karena yang ditampilkan hanya Nama Pemilih dan alamat serta TPS.

Pelaksanaan Uji Publik pada malam itu dihadiri oleh Pemerintah Desa Sawangan yang diwakili Bapak Sudarmanto selaku Sekretaris Desa, Ketua BPD Desa Sawangan Bapak Margono, PKD Desa Sawangan Bapak Eguh Suwahyudi, Panwascam Imam Erianto selaku Kordiv HPPH serta tamu undangan dari tokoh masyarakat, Ketua RT dan RW, Kepala Dusun dan beberapa warga sekitar.

editor: aks

Tag
bawaslu
bawaslu banyumas
Berita
Pilkada2024
Pencegahan