Lompat ke isi utama

Berita

Panwaslu Kalibagor Pastikan Kawal Daftar Pemilih Secara Akurat, Valid dan Akuntabel

Kecamatan Kalibagor

Panwaslu Kecamatan Kalibagor mengawasi kegiatan uji publik DPS di Aula Lantai 2 Kecamatan Kalibagor, Rabu (28/8).

KALIBAGOR, BAWASLU BANYUMAS - Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslu) Kecamatan Kalibagor melaksanakan uji publik Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pemilihan Kepala Daerah 2024. DPS sendiri telah ditetapkan tanggal 18 Agustus 2024 dan diumumkan ke masyarakat selama 10 hari dari tanggal 18 Agustus sampai 27 Agustus 2024.

Kegiatan uji publik ini berlangsung di Aula Lantai 2 Kecamatan Kalibagor, Rabu (28/8). Uji publik menghadirkan Forkompimcam Kalibagor, perwakilan Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Panwaslu Kecamatan Kalibagor. 

Uji publik dimaksudkan untuk meminta tanggapan atau masukan masyarakat terkait DPS yang telah diumumkan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) di desanya masing-masing.

Anggota PPK Kalibagor, Muhammad Mulkanazir menyampaikan rekapan data berupa angka Tidak Memenuhi Syarat (TMS)  dari masukan atau tanggapan masyarakat pada uji publik di 12 Desa yang ada di Kecamatan Kalibagor. Menanggapi hal tersebut, Panwaslu Kecamatan Kalibagor meminta kepada PPK untuk menampilkan by name by address tanggapan / masukan masyarakat tersebut. Hal ini perlu dilakukan agar masyarakat memperoleh keterbukaan informasi untuk kemudian dicermati bersama. 

Panwaslu Kecamatan Kalibagor memastikan kepada PPK agar segera ditindaklanjuti masukan / tanggapan yang berasal dari masyarakat maupun Panwaslu Kelurahan/Desa. 

"Verifikasi data dukung juga perlu dilakukan agar data yang diperoleh valid, akurat dan akuntabel," ujar Anggota Panwaslu Kecamatan Kalibagor, Rajak Kartika.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panwaslu Kecamatan Kalibagor, Achmad Yantoro meminta kepada PPK Kalibagor untuk pemilih meninggal dunia dan belum memiliki bukti kematiannya untuk segera dibuatkan secara kolektif oleh PPS ataupun PPK.

“Kita mengawal daftar pemilih bukan mengawal angka," tegas Achmad. (Rajak Kartika /Humas Panwaslu Kalibagor)

editor: aks

Tag
bawaslu
bawaslu banyumas
Berita
Pilkada2024
Pencegahan