Lompat ke isi utama

Berita

Panwaslu Kalibagor Awasi Uji Publik DPS di 12 Desa

Kecamatan Kalibagor

Panwaslu Kalibagor Awasi Uji Publik DPS di Desa Wlahar Wetan.

KALIBAGOR, BAWASLU BANYUMAS - Tahapan Pemutakhiran Daftar Pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah 2024 masih terus berjalan sampai nanti penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Saat ini tahapan tersebut sampai pada tahapan pengumuman Daftar Pemilih Sementara (DPS). perlu diketahui pengumuman DPS dilaksanakan dimasing-masing Desa oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari tanggal 18 sampai 27 Agustus 2024. 

Disela-sela waktu pengumuman tersebut, PPS melaksanakan kegiatan uji publik di desa masing-masing. Uji publik merupakan tahapan penyampaian tanggapan dan masukan dari masyarakat terkait DPS yang telah diumumkan PPS. 

Sehubungan dengan kegiatan uji publik tersebut, Panwaslu Kecamatan Kalibagor melaksanakan pengawasan di beberapa Desa pada saat pelaksanaan uji public tersebut.

"Kami akan selalu mengawal setiap tahapan Pilkada 2024 ini, uji publik ini perlu dilakukan untuk mencermati pemilih-pemilih yang mempunyai hak pilih agar terakomodir didalamnya," ujar Ketua Panwaslu Kecamatan Kalibagor, Achmad Yantoro.

Panwaslu Kecamatan Kalibagor melakukan pengawasan dengan membagi tiga wilayah. Wilayah selatan oleh Ketua Panwaslu Kecamatan Kalibagor, Achmad Yantoro terdiri dari Desa Wlahar Kulon, Srowot, Kaliori dan Suro. Wilayah tengah oleh Anggota Panwaslu Kecamatan Kalibagor, Rajak Kartika Kirana terdiri dari Desa Karangdadap, Kalibagor, Pekaja dan Pajerukan. Wilayah utara oleh Anggota Panwaslu Kecamatan Kalibagor, Sri Redjeki terdiri dari Desa Kalisogra Wetan, Kalicupak Kidul, Kalicupak Lor dan Petir. Uji publik DPS dilaksanakan di 12 Desa di Kecamatan Kalibagor mulai dari hari Minggu tanggal 25 Agustus 2024 sampai dengan hari Selasa, 27 Agustus 2024. 

Uji publik ditiap-tiap Desa melibatkan unsur kepolisian (Bhabinkamtibmas), TNI (Babinsa),  tokoh masyarakat, Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) serta Panwaslu Kelurahan/Desa masing-masing. Dari hasil pengawasan di 12 Desa tersebut, kegiatan uji publik berjalan dengan lancar dan aman. (Rajak Kartika/Humas Panwaslu Kalibagor)

editor: aks

Tag
bawaslu
bawaslu banyumas
Berita
Pilkada2024
Pencegahan