Lompat ke isi utama

Berita

Karnaval HUT RI, Panwaslu Purwokerto Utara Sebar Ratusan Flyer 'Posko Aduan Pilkada'

Kecamatan Purwokerto Utara

Panwaslu Kecamatan Purwokerto Utara berpartisipasi dalam kegiatan karnaval memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-79, Sabtu (24/8).

PURWOKERTO, BAWASLU BANYUMAS - Suasana di Kecamatan Purwokerto Utara begitu semarak dengan pelaksanaan karnaval dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-79, Sabtu (24/8). Kegiatan yang dimulai sejak pukul 08.00 hingga sore hari tersebut dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat dan dibuka secara resmi oleh Camat Purwokerto Utara, Erny Indriastuti. 

Puluhan peserta dari berbagai kalangan turut ambil bagian, termasuk Panitia Pengawas Pemilihan  (Panwaslu) Kecamatan Purwokerto Utara. Dalam karnaval ini, Panwaslu Kecamatan Purwokerto Utara memanfaatkan momen tersebut untuk melakukan sosialisasi pengawas partisipatif terkait Pilkada Banyumas 2024. 

Ketua Panwaslu Kecamatan Purwokerto Utara, Farhun AR menyebut bahwa pihaknya menjalankan strategi "sambil menyelam minum air" dengan menyebar ratusan flyer berisi informasi mengenai 'Posko Aduan Pilkada'.

"Kami ingin masyarakat lebih aktif berpartisipasi dalam pengawasan pemilu, karena suara mereka sangat penting untuk menjaga integritas proses demokrasi," ujar Farhun.

Rute karnaval yang dimulai dari komplek Kolam Renang Tirta Kembar di Jalan Dr. Angka hingga berakhir di PCW, depan Kampus Unsoed, menjadi ajang Panwaslu Kecamatan untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat. Sepanjang perjalanan, anggota Panwaslu Kecamatan bersama dengan tujuh Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) se-Purwokerto Utara, membagikan flyer dan melakukan woro-woro mengenai pentingnya melaporkan pelanggaran pemilihan melalui Posko Aduan yang disediakan.

Dalam kesempatan yang sama, Koordinator Divisi HPPH Panwaslu Kecamatan Purwokerto Utara, Rujito menyampaikan bahwa kegiatan ini juga didukung oleh seluruh staf Panwaslu Kecamatan yang ikut serta dalam menyukseskan acara.

"Kami ingin mengajak seluruh masyarakat untuk lebih peduli dan ikut serta dalam pengawasan pemilu. Dengan adanya Posko Aduan, diharapkan masyarakat tidak ragu untuk melaporkan segala bentuk pelanggaran yang terjadi," katanya.

Yang menarik perhatian dalam karnaval ini adalah hadirnya ikon Pengawasan Pemilu, 'Wasra', yang didandani ala tokoh 'Bawor'. Kehadiran Wasri menambah semarak acara sekaligus menjadi media kreatif untuk menarik perhatian masyarakat terhadap pesan-pesan pengawasan pemilu. 

"Kami ingin menyampaikan pesan bahwa pengawasan pemilu bisa dilakukan dengan cara yang kreatif dan menyenangkan, namun tetap serius dalam tujuannya," ungkap Koordinator Divisi P3S Panwaslu Kecamatan Purwokerto Utara, Pratiknyo.

Dengan dukungan penuh dari masyarakat, Panwaslu Kecamatan Purwokerto Utara berharap upaya ini dapat meningkatkan kesadaran publik akan pentingnya pengawasan dalam setiap tahapan Pilkada. Karnaval HUT RI kali ini bukan hanya menjadi perayaan kemerdekaan, tetapi juga momentum untuk memperkuat demokrasi di Banyumas. (Djito El Fateh/ Humas Panwascam  Purwokerto Utara)

editor: aks

Tag
bawaslu
bawaslu banyumas
Berita
Pilkada2024
Pencegahan