Lompat ke isi utama

Berita

Jadi Ujung Tombak, 242 Pengawas TPS Kecamatan Pekuncen Resmi Dilantik

Pelantikan Pengawas TPS

Pelantikan Pengawas TPS se-Kecamatan Pekuncen, Senin (22/1).

PEKUNCEN, BAWASLU BANYUMAS- Sebanyak 242 warga dari Kecamatan Pekuncen resmi dilantik menjadi Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di Aula Green Mulia Hotel & Resort, Ajibarang, Senin (22/1). Turut hadir jajaran Forkompincam, Camat Pekuncen, Rojiun, Kepala Polsek Pekuncen, AKP Slamet Husein dan Danramil 15 Pekuncen, Kapt. Inf. Iwan Setiawan yang ikut menyaksikan jalannya pelantikan.

Ketua Panwaslu Kecamatan Pekuncen, M. Khilmi Khasib melantik langsung 242 Pengawas TPS yang akan ditugaskan di 16 Desa di Kecamatan Pekuncen.

“Pengawas TPS harus siap menjalankan tugas dan wewenang sesuai peraturan perundang-undangan dengan berpedoman kepada Pancasila dan UUD 1945. Selain itu, PTPS juga harus bekerja dengan sungguh-sungguh, jujur,adil dan cermat untuk suksesnya Pemilu 2024,” kata Khilmi.

Sementara itu Anggota Panwaslu Kecamatan Pekuncen yang juga Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Parmas dan Humas, Pameta F. Sabila mengucapkan terimakasih atas partisipasi masyarakat dan antusiasme calon Pengawas TPS untuk ikut berperan aktif dalam pengawasan Pemilu. Selain itu, ia juga menyampaikan untuk bisa beradaptasi dengan ritme kerja Pengawas yang harus selalu siap siaga.

“Pemilu 2024 adalah pemilu yang berbeda dimana pemilih 60% adalah generasi milenial dan gen Z, demikian juga PTPS yang terlantik kebanyakan masih muda dan baru terjun sebagai penyelenggara Pemilu. Tugas kita untuk dapat mengisi kapasitas pengetahuan PTPS secara maksimal supaya siap mengawasi Pemilu serentak 2024,” terang Pameta.

Dalam kesempatan yang sama, Anggota Panwaslu Kecamatan Pekuncen yang juga Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Dedi Muafif menambahkan walaupun Pengawas TPS ada pada tingkatan paling bawah Bawaslu, namun PTPS adalah ujung tombak Pengawasan Pemilu.

"Tugas teman-teman PTPS ini sangat mulia dan berat, karena merupakan garda terdepan ujung tombak kepengawasan. Tetap semangat dan jaga kesehatan," tegas Dedi.

Pelantikan Pengawas TPS Kecamatan Pekuncen
Pengawas TPS se-Kecamatan Pekuncen Usai Dilantik

Pengawas TPS ini akan melakukan puncak tugasnya pada Pemungutan dan Penghitungan suara, 14 Februari 2024 mendatang. Selain itu PTPS juga membantu tugas dari Pengawas Kelurahan/Desa antara lain ikut dalam penertiban Alat Peraga Kampanye ketika masa tenang 10-13 Februari 2024 dan membantu mendeteksi DPTb (Daftar Pemilih Tambahan) dan DPK (Daftar Pemilih Khusus) agar tidak terjadi kecurangan dalam pemungutan suara nanti. (Pameta F. Sabila/ Humas Panwaslu Pekuncen)