Lompat ke isi utama

Berita

IMM Banyumas Deklarasikan Kesiapan Sebagai Pemantau Pemilu 2024

banyumas

IMM Banyumas Deklarasikan Kesiapan Sebagai Pemantau Pemilu 2024

PURWOKERTO, BAWASLU BANYUMAS– Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Cabang Banyumas siap berpartisipasi sebagai Pemantau Pemilu 2024.  Hal itu disampaikan saat Deklarasi di Kantor Bawaslu Banyumas, pada Kamis (9/11).

Yon Daryono, Anggota Bawaslu Banyumas Koorinator Divisi Penanganan Pelanggaram dan Data Informasi, menerima perwakilan IMM di Kantor Bawaslu Banyumas untuk memperkenalkan diri. Yon daryono menyampaikan Bawaslu membutuhkan keterlibatan mahasiswa sebagai bagian pengawas partisipatif dalam konteks pemantau pemilu.

“Sebagai amanah regulasi yg harus dijalankan, kami harus memberi ruang kepada rekan-rekan dalam hal ini IMM Banyumas”, kata Yon

Yon Daryono, Anggota Bawaslu Banyumas menerima perwakilan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) untuk berpartisipasi sebagai Pemantau Pemilu 2024 di Kantor Bawaslu Banyumas, pada Kamis (9/11)

Pihak yang bisa melaporkan dugaan pelanggaran pemilu salah satunya adalah pemantau pemilu. Dengan terakreditasinya IMM sebagai pemantau pemilu, IMM punya hak menjadi pelapor, mengenai potensi atau arah dugaan pemilu.

“Ruang pemantau pemilu diberikan kepada seluruh pihak, terutama yang sudah lolos Akreditasi dari Bawaslu RI. IMM dalam hal ini sudah sah, terakreditasi, dan sudah lapor diri ke Bawaslu Banyumas”, tambah Yon

Yon juga menambahkan akan ada sesi pembekalan kepada Pemantau Pemilu dimana Relawan Cyber Bawaslu akan dilibatkan juga. “Kedepan nanti akan ada sesi pengumpulan Relawan Cyber Bawaslu, nanti teman-teman IMM akan ikut dilibatkan juga, sehingga semua bisa tertata”, ujar Yon

Sementara itu Ketua IMM juga menyampaikan sudah menyiapkan nama-nama dan surat mandat. “Dari kami sendiri sudah menyiapkan beberapa nama, dan juga akan menyerahkan surat mandat”, kata Gigih ivan Ketua IMM Cabang Banyumas.

Diakhir pertemuan perwakilan IMM mengucapkan Deklarasi disertai penyerahan surat mandat dan daftar nama pemantau pemilu dari IMM untuk berpartisipasi sebagai Pemantau Pemilu 2024.(Humas/Bawaslu Banyumas).

Berita Terkait