Lompat ke isi utama

Berita

Gerak Cepat PKD Sisir Berbagai Titik Sebelum Pleno DPHP

Kecamatan Lumbir

Panwaslu Kecamatan Lumbir beserta PKD Cidora mendatangi Jayem, warga Desa Cidora yang berusia 100 tahun, Jumat (2/8).

LUMBIR, BAWASLU BANYUMAS Panwaslu Kecamatan Lumbir bersama Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) laksanakan patroli kawal hak  pilih lansia usia 100 tahun di Desa Cidora, Jumat(2/8).

"PPK Kecamatan Lumbir menginformasikan bahwa akan dilaksanakan rapat pleno terbuka DPHP yang di jadwalkan tanggal 6 Agustus 2024. Panwaslu Kecamatan Lumbir bersama PKD gerak cepat aktif melakukan penyisiran di setiap titik untuk dijadikan bahan rapat pleno mendatang,"ujar Ketua Panwaslu Kecamatan Lumbir, Sindu Prayitno, Jumat (2/8).

Sindu menyampaikan jika ada warga yang telah memenuhi syarat namun belum terdaftar di DP4 agar segera melapor kepada PKD setempat agar bisa segera ditindak lanjuti untuk memastikan tidak ada yang kehilangan hak pilih.

Sementara itu PKD Cidora, Kusnoto mengatakan dirinya bersama Panwaslu Kecamatan Lumbir mengunjungi warga Desa Cidora bernama Jayem yang lahir pada tahun 1924 dan tinggal bersama anaknya. Namun ketika pihaknya beberapa kali berkomunikasi, Jayem menanggapinya dengan kurang selaras.

“Namun fisiknya tampak sehat sehingga kami menilai fisik dalam kondisi baik dan tidak masuk dalam ragam disabilitas fisik," kata Kusnoto.

Anggota Panwaslu Kecamatan Lumbir, Dariswan menambahkan seharusnya kedepan lebih di perhatikan untuk pemilih yang kondisinya seperti ini karena fisik terlihat baik namun kondisi usia yang notabene hampir 100 tahun akan mempengaruhi daya ingat. Sehingga perlu dikawal secara khusus untuk meminimalisir mobilisasi pemilih.

"Berkaca dari pengalaman Pemilu 2024, didapati ada beberapa disabilitas fisik yang kehilangan hak pilihnya karena keterbatasan waktu pada saat jemput bola oleh KPPS. Harapan kedepan, KPU membuat regulasi tentang teknis jemput bola dengan mempertimbangkan geografis di tiap wilayah dan memastikan PPK beserta jajarannya tidak abai dalam hal ini," kata Dariswan. (Firda Maria/Humas Panwaslu Lumbir)

editor: aks

Tag
bawaslu
bawaslu banyumas
Berita
Pilkada2024
Pencegahan