Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Telusuri Video Deklarasi Kades Dukung Bakal Calon Gubernur Jateng

Bawaslu Banyumas

Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten Banyumas di Purwokerto, Rabu (12/6).

PURWOKERTO, BAWASLU BANYUMAS - Video viral menampilkan sejumlah Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Banyumas menyatakan deklarasi dukungan kepada Kapolda Jateng, Ahmad Luthfi dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Tahun 2024 pada tanggal 3 Juni 2024 lalu di-take down.

Berdasarkan hasil pengawasan Bawaslu ada 17 Video dukungan kepada Ahmad Luthfi yang disampaikan oleh sejumlah Kades dan Perangkat Desa di Kabupaten Banyumas. Video tersebut diunggah oleh akun TikTok @Teman Lutfhi.

Pada video berdurasi rata-rata sekitar 37 detik, tampak Kades dan Perangkat Desa ada yang berpakaian dinas berdiri dan mengucapkan dukungan kepada Ahmad Luthfi untuk maju mencalonkan diri menjadi Gubernur Jawa Tengah.

"Kita dapatkan video ini dari laporan masyarakat, kemudian kita jadikan informasi awal," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Banyumas, Imam Arif Setiadi di Purwokerto, Rabu (26/6).

Bawaslu sudah intruksikan kepada jajarannya untuk dapat melaksanakan penelusuran tentang kebenaran orang-orang yang ada di dalam  video tersebut dan diduga adalah Kades dan Perangkat Desa.

Namun setelah 3 hari Bawaslu menginstruksikan Panwaslu Kecamatan melakukan penelusuran, pada tanggal 3 Juni 2024 lalu akun @Teman Luthfi telah meng-take down atau menghapus unggahan video dukungan tersebut. 

"Panwascam di 11 Kecamatan sebagai Lokus Video tersebut sudah bergerak, namun video tersebut sudah tidak ada, akan tetapi kita tetap melakukan penelusuran karena sudah kami antisipasi video tersebut, sudah di download dan di screenshoot sebagai lampiran bukti." jelas Imam. (Humas Bawaslu Banyumas)

Tag
bawaslu
bawaslu banyumas
Berita
Pilkada2024
Pengawasan