Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Dorong Partisipasi Warga Binaan Lapas Narkotika Purwokerto Sebagai Pemilih Pilkada 2024

Rani Zuhriyah

Anggota Bawaslu Kabupaten Banyumas, Rani Zuhriyah beserta jajaran diajak berkeliling Lapas oleh Kepala Lapas Narkotika Purwokerto, Riko Purnama Candra, Kamis (22/8).

PURWOKERTO, BAWASLU BANYUMAS - Bawaslu Kabupaten Banyumas mengunjungi Lapas Narkotika Purwokerto, Kamis (22/8). Kunjungan tersebut dalam rangka mendorong partisipasi warga binaan sebagai pemilih pada gelaran Pilkada Tahun 2024.

Anggota Bawaslu Kabupaten Banyumas, Rani Zuhriyah mengatakan kunjungannya untuk mengetahui bagaimana kondisi serta evaluasi dari Pemilu 2024 di lokasi TPS Khusus Lapas Narkotika Purwokerto. Selain itu pihaknya juga membutuhkan data jumlah pemilih yang ada di Lapas Narkotika Purwokerto.

“Berapa banyaknya dan ada kendala dimana, barangkali ada data-data yang memang sudah TMS atau tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Sementara. Nanti bisa kami komunikasikan, kami dorong, karena posisi disini Bawaslu mengawal hak pilih,” kata Rani.

Dalam kesempatan yang sama, Kasi Binadik dan Giatja Lapas Narkotika Purwokerto, Yudi Suhartono menjelaskan pada Pemilu 2024 lalu sudah 100 persen warga binaan pemilih semua. Sebelumnya sempat ada satu orang belum pernah buat KTP, kita koordinasi dengan Disdukcapil akhirnya dibuatkan KTP dan masuk dalam Daftar Pemilih Khusus.

“Total pemilih perhari ini ada 258 termasuk pegawai, dengan pemilih 2 perempuan sisanya laki-laki. Untuk warga binaan hanya 21 orang yang asli Banyumas karena sisanya kita terima warga binaan dari Lapas se-Jawa Tengah,” kata Yudi.

Rani beserta jajaran juga berkesempatan diajak berkeliling Lapas oleh Kepala Lapas Narkotika Purwokerto, Riko Purnama Candra. Mulai dari mengunjungi workshop yang berada di tengah Lapas hingga mengecek dapur serta klinik. (aks)

Tag
bawaslu
bawaslu banyumas
Berita
Pilkada2024
Pencegahan