Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Banyumas Pastikan Penerimaan Pendaftaran Calon Memenuhi Syarat dan Lengkap

Rani Zuhriyah

Anggota Bawaslu Kabupaten Banyumas, Rani Zuhriyah (baju putih) awasi hari kedua penerimaan pendaftaran bakal calon di KPU Kabupaten Banyumas, Rabu (28/8).

PURWOKERTO, BAWASLU BANYUMAS - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Banyumas melakukan pengawasan pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati pada hari kedua di KPU Kabupaten Banyumas, Rabu (28/8). Diketahui bahwa sampai dengan hari kedua pembukaan pendaftaran belum ada bakal calon yang mendaftar.

Menurut Komisioner Bawaslu Kabupaten Banyumas, Rani Zuhriyah pengawasan dilakukan untuk memastikan KPU melakukan persiapan penerimaan pendaftaran, sehingga bakal calon yang mendaftar pada hari terakhir berkasnya dapat diterima dan memenuhi syarat. Mengingat penutupan pendaftaran pada hari terakhir yakni tanggal 29 Agustus 2024 sampai dengan pukul 23.59 WIB.  Sementara persyaratan yang harus dipenuhi tidak hanya fisik namun harus sesuai dan disetujui oleh Partai Politik pendukung melalui aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

"Mendaftar di detik-detik terakhir memang menjadi kerawanan dalam pencalonan, karena pada saat penerimaan pendaftaran berkas jika tidak lengkap dan/atau tidak benar akan dikembalikan kembali kepada gabungan partai politik pengusul," jelas Rani.

Sehingga Bawaslu perlu mengingatkan KPU bahwa sebelum Partai Politik datang untuk mendaftar harus dipastikan lagi persyaratannya. Mengingat bahwa proses persetujuan dari Pimpinan Partai Politik juga tidak hanya tanda tangan offline melainkan juga persetujuan Pengurus Partai Politik tingkat pusat.

"Tanda tangan dan persetujuan melalui aplikasi Silon itu butuh waktu, sehingga sebelum berangkat ke KPU dipastikan lagi berkas tersebut sudah di ceklis dan diurutkan, sehingga pada saat seremonial pendaftaran yang membawa banyak pendukung dapat berjalan lancar, berkas diterima tidak dikembalikan lagi," ujar Rani saat melakukan pengawasan melekat. (Humas Bawaslu Banyumas)

editor: aks

Tag
bawaslu
bawaslu banyumas
Berita
Pilkada2024
Pencegahan