Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Banyumas Minta Pengawas Fokus Lima Potensi Pelanggaran. Apa Saja?

Imam Arif Setiadi

Ketua Bawaslu Kabupaten Banyumas, Imam Arif Setiadi saat memberikan sambutan dalam acara pelantikan Anggota Panwaslu Kecamatan Terpilih Pemilihan 2024 Kabupaten Banyumas di Baturraden, Jumat (24/5).

PURWOKERTO, BAWASLU BANYUMAS - Ketua Bawaslu Kabupaten Banyumas, Imam Arif Setiadi menyebut evaluasi pengawasan Pemilu Februari 2024 lalu jadi kaca benggala. Diantaranya, soal apa saja fokus potensi pelanggaran yang akan terjadi di Pilkada 27 November mendatang. 

Lima hal yang dimaksud adalah pertama, netralitas ASN, Kades, dan TNI-Polri. Kedua, soal pemutakhiran data pemilih. Ketiga, pemalsuan dokumen Pemilihan (peserta Pilkada). Keempat, sikap atau netralitas KPU sebagai penyelenggara. Kelima, money politik yang terstruktur, sistematis dan masif.

"Netralitas ASN, Kades sudah kita rasakan gejalanya. Beberapa hari terakhir, ada sejumlah kades terang-terangan menyatakan dukungan pada seseorang. Videonya juga beredar. Panwascam harus tegas dalam konteks netralitas ini," tegas Imam di Purwokerto, Minggu (26/5).

Soal netralitas, kata Imam, saat Pemilu Februari lalu juga ada kasus yang ditangani Bawaslu Kabupaten Banyumas. Yakni, temuan soal netralitas salah satu Camat dan sudah diproses. Adapun  soal pemalsuan dokumen Pemilihan misalnya terjadi di Nusa Tenggara. 

"Jadi pada saat pendaftaran nanti, khususnya Pilbup, Wabup, Panwas wajib cek betul dokumennya. Asli atau tidak. Jangan sampai ada pelanggaran yang lolos dari pengawasan," kata Imam.

Sementara itu, Anggota Bawaslu Kabupaten Banyumas, Rani Zuhriyah meminta Panwascam khususnya untuk segera menguasai regulasi. Mulai dari UU Pemilihan, Perbawaslu, PKPU, hingga SE Bawaslu atau KPU. Harapannya, Pengawas bisa cekatan dan tidak buntu jika terdapat persoalan di lapangan. 

"Catatan lain, jangan lupa libatkan masyarakat secara luas untuk menjadi bagian pengawasan partisipatif. Mengingat ini Pilbup, Wabup, dimungkinkan gesekan lebih keras, lebih dekat dan masyarakat lebih peduli dengan calonnya," kata Rani.

Seperti diketahui, Bawaslu Kabupaten Banyumas baru saja melantik 81 Panwaslu Kecamatan di Hotel Moro Seneng, Jumat (24/5). Masing-masing terdiri dari 24 Panwascam baru dan 57 eksisting atau wajah lama. Pelantikan dilanjutkan pembekalan oleh 5 komisioner Bawaslu dan tamu pembicara dua orang. (Humas Bawaslu Banyumas)

Tag
bawaslu
bawaslu banyumas
Berita
Pilkada2024