Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Banyumas Akan Pastikan Tungsura Sesuai Prosedur

Pembukaan rapat persiapan pengawasan pemungutan dan penghitungan suara

Anggota Bawaslu Kabupaten Banyumas (dari kiri ke kanan), Yon Daryono, dan Rani Zuhriyah saat rapat persiapan pengawasan pemungutan dan penghitungan suara di Purwokerto, Senin (15/1). (foto: aks)

PURWOKERTO - BAWASLU BANYUMAS- Bawaslu Kabupaten Banyumas melaksanakan Rapat Persiapan Pengawasan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024 di Sekretariat Bawaslu Kabupaten Banyumas, Senin (15/1). Rapat tersebut dihadiri oleh Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Banyumas.

Anggota Bawaslu Kabupaten Banyumas, Yon Daryono berharap rekan-rekan Panwaslu Kecamatan menyimak dengan baik terkait persiapan pengawasan tahapan pemungutan dan penghitungan suara (tungsura) Pemilu 2024.

“Memastikan tata cara prosedur dan mekanisme yang dilakukan rekan-rekan KPPS berjalan dengan baik,” kata Yon saat membuka rapat persiapan pengawasan pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024.

Yon menambahkan, Pengawas TPS yang sedang dibentuk harus paham dan mengerti. Menurutnya, hal-hal kecil dan sepele yang biasa terjadi nanti akan muncul di masa pemungutan dan penghitungan suara.

“Padahal malamnya Pengawas TPS harus patroli, masa tenang dari potensi money politik, serangan fajar. Jam 07.00 WIB harus mengerti, memastikan KPPS menggelar rapat,” kata Yon.

Rapat persiapan pengawasan pemungutan dan penghitungan suara. (foto: aks)

Dalam kesempatan yang sama, Anggota Bawaslu Kabupaten Banyumas, Rani Zuhriyah mengulas hal-hal teknis terkait tahapan pemungutan dan penghitungan suara. Dirinya berharap Panwaslu Kecamatan mewaspadai potensi selama tahapan tersebut.

"Temen-temen semuanya mendiskusikan tentang potensi-potensi yang harus diwaspadai ketika, sebelum, maupun saat pemungutan suara." kata Rani.

Sebagai informasi, berdasarkan Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, tahapan masa tenang dijadwalkan pada tanggal 11 - 13 Februari 2024. Sementara untuk tahapan pemungutan dan penghitungan suara dijadwalkan pada tanggal 14 - 15 Februari 2024. (aks)

Tag
bawaslu banyumas
Pengawasan