Lompat ke isi utama

Berita

Apel Siaga Nasional, Bawaslu Siap Memperjuangkan Aturan Kampanye

Bawaslu Banyumas

JAKARTA, BAWASLU RI-Badan Pengawas Pemilu siap untuk memperjuangkan aturan kampanye. Hal itu disampaikan oleh Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja dalam sambutannya saat apel siaga nasional pagi tadi di Monumen Nasional (MONAS) Jakarta Pusat, Minggu 26 November 2023.

“Kita berasal bukan keluarga bukan saudara, teman- teman harus memperjuangkan aturan kampanye, memperjuangkan suara di TPS sama dengan suara yang dihitung pada saat rekapitulasi nasional. Kita yang sekarang berada di pengawas pemilu adalah kawan seperjuangan, kita adalah saudara Negara kita ini berharap kepada pengawas pemilu RI untuk mempertahankan seluruh aturan, melakukan tugas dan fungsi , melakukan pengawasan pencegahan dan penindakan”. Tegas Ketua Bawaslu RI dengan semangat yang berapi- api.

Anggota Bawaslu Kabupaten Banyumas ikuti Apel Siaga Nasional Bawaslu RI di Monas Jakarta, 26 November 2023

Peserta dalam kegiatan ini adalah ketua dan anggota Bawaslu Provinsi dan Kabupaten di 38 Provinsi dan 514 Kabupaten/kota seluruh Indonesia. Termasuk didalamnya Ketua dan anggota Bawaslu Kabupaten Banyumas juga hadir dalam apel tersebut. Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan bahwa jajaran pengawas mulai dari provinsi sampai dengan tingkat kelurahan dan desa siap mengawal tahapan kampanye pemilu 2024.

Dalam Sambutannya Rahmat Bagja juga menyampaikan untuk membentuk tim respon cepat yang dapat merespon temuan dan laporan pelanggaran dengan cepat, kordinasikan Langkah- Langkah respon dan penindakan sesuai pelanggaran yang terdeteksi. Pastikan penggunaan dana kampanye sesuai dengan aturan yang berlaku. Serta Mendorong jajaran pengawas pemilu untuk berinteraksi dengan Masyarakat. Mendengarkan keluh kesah laporan dan memberikan pemahaman peran serta mereka dalam menjaga integritas.

“Sudah saatnya kita beri contoh bahwa pengawas pemilu tidak hanya berada di kantor namun ada di lapangan. Bapak ibu harus siap tanggal 28 november , bapak ibu akan berkurang waktu tidurnya , akan berkurang waktu istirahatnya, sampai dengan rekapitulasi tingkat nasional dan sampai dengan jika ada gugatan di Mahkamah Konstitusi selesai. Kita baru agak tenang pada masa pelantikan DPR DPRD dan pelantikan presiden terpilih dan wakil presiden terpilih.” Ujar Rahmat Bagja mengakhiri sambutannya.(Humas/Bawaslu Banyumas)