Lompat ke isi utama

Berita

Apel Siaga: Bawaslu Banyumas Pastikan Jajarannya Siap Menindak Tanpa Pandang Bulu

Bawaslu Banyumas

 

PURWOKERTO, BAWASLU BANYUMAS-Ketua Bawaslu Banyumas tegaskan untuk menegakkan regulasi dan menindak tanpa pandang bulu. Hal itu disampaikan pada Apel Siaga Bawaslu Kabupaten Banyumas yang digelar di Alun-Alun Purwokerto, Selasa 28 November 2023.

Apel Siaga Pengawasan Tahapan Kampanye Pemilu 2024 Bawaslu Kabupaten Banyumas diikuti  jajaran Panwaslu Kecamatan dan Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) se-Kabupaten Banyumas. Kegiatan tersebut juga dihadiri  Forkompimda Kabupaten Banyumas diantaranya PJ Bupati Banyumas, Wakapolresta Banyumas, Dandim 0701, Kejaksaan Negeri Purwokerto dan Banyumas, Ketua KPU Banyumas, Ketua Partai Politik, Camat, Relawan Patroli Cyber dan Pemantau Pemilu.

Dalam arahannya Ketua Bawaslu Kabupaten Banyumas Imam Arif Setiadi, M.Si., memastikan jajarannya untuk siap awasi pemilu, menegakkan keadilan dan berani untuk tegakkan aturan tanpa pandang bulu. “Kami pastikan, kami jajaran Bawaslu akan berdiri bersama anda, akan pasang badan apapun yang terjadi, ini komitmen kami di pimpinan Bawaslu”, tegas Imam Arif.

“Hari ini dan hari hari depan sangat berat, sehingga pesan kami, jaga kesehatan, atur waktu istirahat anda, karena Partai Politik sudah gaspol, 75 hari waktu yang pendek bagi mereka”, ujar Imam Arif dalam arahannya kepada jajaran Panwaslu dan PKD. “Mulai hari ini sampai rekapitulasi siapkan mentalitas anda siapkan fisik anda” tambah Imam Arif. Ketua Bawaslu Banyumas membacakan Ikrar Apel Siaga Pengawasan Tahapan Kampanye Pemilu 2024 dan di ikuti oleh seluruh jajaran Panwaslu Kecamatan dan PKD.

Ketua Bawaslu Banyumas juga menyampaikan untuk mencipatakan pemilu yang bertamabat dan Banyumas yang kondusif. Imam Arif mengatakan bahwa Bawaslu mempunyai otoritas untuk menyatakan pelanggaran. Pemutusan melanggar atau tidak adalah wilayah Bawaslu. Imam Arif juga menyampaikan 6 value yaitu Sinergi, Integritas, Profesional, Tertib, Ramah, Ilahiyah. Hal itu disampaikan kepada seluruh peserta apel siaga dalam kesiapannya untuk mengawasi Pemilu 2024.

Apel Siaga Pengawasan Tahapan Kampanye Pemilu 2024 Bawaslu Kabupaten Banyumas, diikuti  jajaran Panwaslu Kecamatan dan Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) se-Kabupaten Banyumas di Alun-Alun Purwokerto, Selasa 28 November 2023.

Pj. Bupati Banyumas, Hanung Cahyo Saputro juga menyampaikan apresiasi terhadap penyeleggaraan Apel Siaga Bawaslu. Hanung menyampaikan 3 hal, yaitu untuk berkontribusi dengan menyalurkan hak suara, mengajak semua pihak dan masyarakat untuk menciptakan atmosfer yang positif dan mengedepankan dialog yang solutif dan untuk meningkatkan kapasitas teknik persiapan pemilu.

Dalam sambutannya Pj. Bupati Banyumas juga mengajak seluruh pihak untuk berperan aktif dalam menjaga ketertiban dan keamanan selama masa kampanye “Mari kita tinggalkan hal-hal yang dapat memicu pertikaian dan membuat suasana menjadi tidak kondusif”, ujar Hanung.  Hanung juga menyampaikan kepada peserta apel di momen tersebut harus mengimplementasikan komitmen untuk mengawal pemilu 2024 menjadi pemilu yang damai dengan aksi yang nyata.

Apel Siaga Bawaslu Banyumas tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa jajaran Pengawas Pemilu siap mengawal tahapan kampanye pemilu 2024. Acara dilanjutkan dengan Deklarasi Damai Pemilu 2024 di Pendopo Sipanji Banyumas bersama Forkompimda dan Partai Politik se-Kabupaten Banyumas.(Humas/Bawaslu Banyumas)