Lompat ke isi utama

Berita

Tuntas! Panwaslu Purwokerto Utara Uji Petik Marathon Keliling Tujuh Kelurahan

Purwokerto

Panwaslu Kecamatan Purwokerto Utara melakukan uji petik di salah satu rumah warga, Sabtu (13/7).

PURWOKERTO, BAWASLU BANYUMAS - Panwaslu Kecamatan Purwokerto Utara tuntas melakukan uji petik secara marathon keliling langsung di tujuh kelurahan, Sabtu (13/7). Selain diikuti Ketua dan Anggota Panwaslu Kecamatan, pengawasan juga diikuti oleh seluruh Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) dan Staf Sekretariat. 

"Uji petik yang dilakukan pimpinan wascam Purwokerto Utara adalah tindak lanjut dari laporan PKD. Jadi kita langsung cek keliling tujuh kelurahan sesuai titik krusial sebagaimana dilaporkan PKD," kata Ketua Panwaslu Kecamatan Purwokerto Utara, Farhun Amin Rais di Purwokerto, Sabtu (13/7).

Pada kesempatan yang sama, Anggota Panwaslu Kecamatan Purwokerto Utara, Rujito menyebut sejumlah temuan potensi pelanggaran dan cukup beragam. Adapun tujuh kelurahan wilayah Purwokerto Utara meliputi, Karangwangkal, Grendeng, Pabuwaran, Bancarkembar, Bobosan, Purwanegara dan Sumampir.

"Ada stiker coklit yang dititipkan Pantarlih kepada tetangga dari orang yang dicoklit. Alasannya, karena yang bersangkutan jarang terlihat. Ada Pantarlih yang sekarang tinggal di luar kecamatan Purut dan itu berdampak pada kinerja," kata Rujito. 

Temuan lain, sambung Rujito, satu keluarga ada tiga KK tapi beda TPS dan terjadi di Kelurahan Sumampir. Uniknya Pemilih yang TPS jauh dari rumah justru yang sudah berumur. Sementara yang muda, dan pengantin baru di TPS terdekat dari rumah. 

"Ada juga temuan, warga sudah 17 tahun tapi tidak punya e-KTP dan tidak mau didaftar. Itu terjadi di Purwanegara. Tadi sudah kita follow up dibantu PKD dan dikomunikasikan dengan Pantarlih," kata Rujito. 

Sementara itu, Anggota Panwaslu Kecamatan Purwokerto Utara, Pratiknyo menyebut semua temuan akan segera ditindaklanjuti baik secara internal maupun eksternal. Yakni rencana untuk membuat saran perbaikan kepada PPK, hingga koordinasi dengan PKD agar terus melakukan pengawasan melekat terutama sampai 18 Juli mendatang. 

Patroli Uji Petik dilakukan sekaligus untuk kroscek lapangan atas laporan PKD. Adapun PKD masing-masing kelurahan terdiri dari Sudrajat (Purwanegara), Indra Bayu Kusuma (Bancarkembar), Eko Yuni Purwanto (Sumampir), Hendy Prabaningrum (Pabuwaran), Bhella Shelvia Nindi (Grendeng), Sarifin (Karangwangkal) dan Supriyanto (Bobosan). (Humas Bawaslu Banyumas)

editor: aks

Tag
bawaslu
bawaslu banyumas
Berita
Pencegahan