Lompat ke isi utama

Berita

Lantik Panwascam di Banyumas, Imam: Gas Pol, Rem Blong!

Imam Arif Setiadi

Ketua Bawaslu Kabupaten Banyumas, Imam Arif Setiadi saat melantik Anggota Panwaslu Kecamatan Terpilih Pemilihan 2024 Kabupaten Banyumas di Baturraden, Jumat (24/5).

BATURRADEN, BAWASLU BANYUMAS - Sebanyak 81 Anggota Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Banyumas resmi dilantik di Hotel Moro Seneng, Baturraden, Jumat (24/5). Pelantikan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Banyumas, Imam Arif Setiadi.

"Selamat kepada 81 Panwascam terlantik. Selamat bergabung di keluarga besar Bawaslu Banyumas. Saya tegaskan, saatnya Panwascam serius melakukan pengawasan tahapan pilkada 2024. Pokoknya, Panwas gas pol, rem blong!," kata Imam saat memberikan sambutan di Baturraden, Jumat (24/5).

Imam meminta Panwascam bekerja serius dalam pengawasan setiap tahapan pemilihan. Ditambahkan juga, pengawasan Pilkada menurutnya bakal lebih ketat daripada Pemilu Februari 2024 lalu. Maka, dipilihlah idiom, Bawaslu Banyumas Gas Pol, Rem Blong!

"Pilkada ini aturan main, keputusan nantinya siapa jadi bupati, wakil bupati ada di KPU Banyumas. Anggaran dipakai dari APBD Banyumas. Termasuk pengawasan mutlak ada di Bawaslu Banyumas. Makanya, sangat berbeda dengan Pilpres dimana keputusan tertinggi ada di KPU RI atau Bawaslu RI," imbuh Imam.

Imam kemudian memberi catatan agar Panwas bekerja dengan prinsip PIS. Profesional, Integritas dan Solid. Harus kuasai regulasi, serta melakukan pengawalan ketat. Bawaslu, kata Imam akan memberi backup pasang badan jika Panwascam sudah bekerja sesuai aturan.

Dalam kesempatan yang sama, Anggota Bawaslu Kabupaten Banyumas, Amjn Latif menyebut usai pelantikan, Panwascam se Banyumas menerima pembekalan perdana dari masing-masing komisioner. Mulai dari Amin Latif, Rani Zuhriyah, Agung Basuki dan Yon Daryono sesuai dengan tupoksi divisi masing-masing. 

"Untuk pembekalan perdana, Panwascam mendapat materi dari Prof. Oedjiono (Unsoed) dan Ridwan (aktivis). Dilakukan juga pleno perdana pimpinan Panwascam se Banyumas. Sehingga sudah ditentukan siapa Ketua, Kordiv PPPS dan HPPH masing-masing kecamatan," kata Amin selaku Koordinator Divisi SDM, Organisasi dan Diklat Bawaslu Kabupaten Banyumas.

Usai pelantikan dan pembekalan, Panwascam langsung dihadapkan pada tugas wawancara seleksi Pengawas Pemilihan Kelurahan/Desa (PKD). Adapun total PKD sekitar 331 se Banyumas. Pendaftaran dan penyerahan berkas dilakukan di Sekretariat Bawaslu Kabupaten Banyumas. Selanjutnya seleksi dan penetapan jadi tanggungjawab Panwascam masing-masing. (Humas Bawaslu Banyumas)

Tag
bawaslu
bawaslu banyumas
Pilkada2024
Rekrutmen