Lompat ke isi utama

Berita

Jelang Masa Kampanye, Bawaslu Kuatkan Kelembagaan

Bawaslu Banyumas

 

SEMARANG, BAWASLU JATENG-Mengadakan penguatan kelembagaan dengan Komisioner dan Kepala/Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten/Kota. Acara ini mengambil tema “Harmonisaai Dalam Rangka Peningkatan Kinerja Pengawasan Tahapan Pemilu 2024”. Kegiatan ini dilaksanakan dua hari di Villa Persada Bandungan, Kabupaten semarang pada Minggu-Selasa tanggal 19-21 November 2023.

“Acara ini penting, acara yang melibatkan semua pimpinan. Meskipun tidak ada sengketa pemilu namun harus ada kesiapan pada masa kampanye, karna nanti pasti ada sengketa antar peserta maupun sengketa peserta dan penyelenggara, untuk itu kita harus mempersiapkannya, dengan belajar mediasi”, jelas Kordiv. Penyelesaian Sengketa Bawaslu Jateng Wahyudi Sutrisno dalam sambutannya.

Kordiv. Penanganan Pelanggaran, Ahmad Husain juga memberikan dua arahan dalam menghadapi kampanye yaitu Pastikan seluruh partai politik mengumpulkan rekening dana kampanye maksimal 27 November 2023.

Ahmad Husain juga menambahkan agar meningkatkan kualitas SDM dengan belajar regulasi terkait kampanye seperti PKPU Nomor 15 tahun 2023 dan Perbawaslu 11 Tahun 2023.

Yon Daryono Kordiv. PP dan Rani Zuhriyah Kordiv. P2H serta Exti Rumiati dan Silmiah Staf Bawaslu Kabupaten Banyumas mengikuti Kegiatan Penguatan Kelembagaan dengan tema Harmonisaai Dalam Rangka Peningkatan Kinerja Pengawasan Tahapan Pemilu 2024 di Villa Persada Bandungan, Kabupaten semarang pada Minggu-Selasa tanggal 19-21 November 2023.

 

Dalam pidato sambutan dan arahan Muhamad Amin, Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah menyampaikan bahwa dalam kegiatan ini mengundang juga alumni kader pengawas partisipatif dari P2P dan SKPP dari 12 Bawaslu Kabupaten/kota alumni yaitu dengan tujuannya dalam rangka sama-sama persiapan mengawal tahapan menjelang kampanye.

Selain itu Muhamad Amin juga berpesan agar selalu waspada dengan beberapa kasus yang sekarang sedang viral, seperti kasus viralnya Anggota Bawaslu yang berfoto dengan calon. Hal tersebut merupakan upaya mendegradasi lembaga.

Dalam melaksanakan Pencegahan, pengawasan, penindakan kita juga harus optimal, terutama dalam penindakan syarat formil dan materil harus terpenuhi dahulu, Upaya komunikasi dan konsultasi dengan jajaran diatasnya menjadi penting agar tidak terjadi kesalahan yang fatal.

Muhamad Amin juga mengajak untuk selalu meningkatkan kualitas diri dan memberikan ruang-ruang positif, membangun komunikasi yang solid, serta berhati- hati dengan data yang dikecualikan. Dan yang tak kalah penting adalah pelayanan yang prima kepada seluruh orang.

“Dari semua itu muaranya adalah pada harmonisasi dalam rangka meningkatkan kinerja, ubah menset bahwa kita adalah satu lembaga” jelas Ketua Bawaslu Jateng Muhamad Amin.

Dalam kesempatan tersebut Bawaslu Banyumas turut menghadiri kegiatan tersebut, Yon Daryono Kordiv. PP dan Rani Zuhriyah Kordiv. P2H serta Exti Rumiati dan Silmiah Staf Bawaslu Kabupaten Banyumas mewakili pimpinan yang berhalangan hadir.(Humas/Bawaslu Banyumas)