Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Banyumas Awasi Langsung Seleksi CAT Calon Anggota PPK

Amin Latif

Anggota Bawaslu Kabupaten Banyumas, Amin Latif (kanan) mengawasi langsung seleksi CAT Calon Anggota PPK bersama Ketua KPU Kabupaten Banyumas, Rofingatun Khasanah (kiri) di Purwokerto, Selasa (7/5). (foto: aziz)

PURWOKERTO, BAWASLU BANYUMAS - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Banyumas melakukan pengawasan langsung pada proses Computer Assisted Test (CAT) rekrutmen Badan Adhoc Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Banyumas di Gedung SMK Kesatrian Purwokerto, Selasa (7/5).

Anggota Bawaslu Kabupaten Banyumas, Amin Latif mengatakan sesuai dengan Surat Edaran Bawaslu RI Nomor 79 Tahun 2024 tentang pengawasan pembentukan Badan Adhoc di KPU, Bawaslu Kabupaten Banyumas melaksanakan pengawasan melekat untuk memastikan prosedur pelaksanaan tes CAT sesuai dengan ketentuan.

"Kita pastikan proses seleksi pada tahapan tes tertulis ini berjalan sesuai dengan prosedur dan tidak ada kendala server seperti perekrutan sebelumnya,” kata Amin saat ditemui di lokasi pengawasan, Selasa (7/5).

Menurut Amin yang juga menjabat sebagai Koordinator Divisi SDM, Organisasi dan Diklat Bawaslu Kabupaten Banyumas itu, Bawaslu juga memastikan para pendaftar memenuhi persyaratan, tidak tercantum dalam SIPOL dan memperhatikan 30% keterwakilan perempuan. Dia menambahkan dari 489 pendaftar PPK yang lolos seleksi administrasi, yang hadir untuk mengikuti tes CAT ada  448 orang dan  41 orang tidak hadir.

“Dari 448 peserta yang mengikuti CAT akan diambil 15 nilai tertinggi per kecamatan. Tetapi jika ada nilai yang sama dengan urutan terakhir maka pemilik nilai tersebut akan tetap mengikuti tes wawancara, nah ini juga akan menjadi fokus pengawasan kita,” papar Amin.

Amin berharap para peserta yang lolos seleksi benar-benar memahami dunia kepemiluan sehingga nantinya mereka cepat beradaptasi menguasai teknis di lapangan serta memiliki integritas yang tinggi dalam bekerja. (Humas Bawaslu Banyumas)

Tag
bawaslu
bawaslu banyumas
Berita
Pencegahan
Pilkada2024