Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Ajak Siswa SMK TI Bintra Purwokerto Awasi Pilkada 2024

Rani Zuhriyah

Anggota Bawaslu Kabupaten Banyumas, Rani Zuhriyah saat mengajak pemilih pemula khususnya siswa SMK TI Bina Citra Informatika Purwokerto untuk berpartisipasi aktif dalam pengawasan Kepala Daerah Tahun 2024, Senin (9/9).

PURWOKERTO, BAWASLU BANYUMAS - Anggota Bawaslu Kabupaten Banyumas, Rani Zuhriyah menjadi narasumber dalam kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMK TI Bina Citra Informatika Purwokerto, Senin (9/9). Dalam kesempatan tersebut, Rani mengajak pemilih pemula khususnya siswa untuk berpartisipasi aktif dalam pengawasan Kepala Daerah Tahun 2024.

Rani juga menjelaskan pemilih pemula adalah pemilih yang baru berusia 17 tahun pada saat pemungutan suara atau berusia 16 tahun dan sudah menikah. Dirinya juga menjelaskan Gen Z keren versi Bawaslu harus peduli dengan demokrasi.

“Yang dinamakan Gen Z itu kalian ya, yang lahir antara 1997 sampai 2007an. Jumlahnya di Banyumas 277.151 atau 20%,” ungkap Rani.

Menurut Rani, itu jumlah yang cukup banyak, oleh karena itu Bawaslu sangat mengharapkan partisipasi Gen Z khususnya Siswa SMK TI Bina Citra Informatika Purwokerto untuk berpartisipasi aktif meningkatkan kualitas demokrasi. Gen Z keren itu datang ke TPS untuk menyalurkan hak pilihnya dengan bertanggungjawab, memantau tahapan pemilihan di lingkungan sekitar.

“Menyebarluaskan informasi pemilihan, menghentikan penyebaran berita palsu atau berita menyesatkan dan melaporkan dugaan pelanggaran,” ucapnya. (aks)

Tag
bawaslu
bawaslu banyumas
Berita
Pilkada2024
Pencegahan