Lompat ke isi utama

Berita

Antisipasi Warga Kehilangan Hak Pilih, Panwaslu Lumbir Sisir Daerah Terpencil

Kecamatan Lumbir

Panwaslu Kecamatan Lumbir bersama Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) Cingebul, Juni Sukoyo sisir daerah terpencil dalam patroli kawal hak pilih di Grumbul Panusupan, Desa Lumbir, Rabu (11/9).

LUMBIR, BAWASLU BANYUMAS - Panwaslu Kecamatan Lumbir bersama Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) Cingebul, Juni Sukoyo sisir daerah terpencil dalam patroli kawal hak pilih di Grumbul Panusupan, Desa Lumbir, Rabu (11/9). Patroli ini sebagai bentuk kawal hak pilih yang merupakan salah satu tugas Pengawas Pemilihan menjelang Pilkada mendatang.

Kordiv Penanganan Pelanggaran Panwaslu Kecamatan Lumbir, Dariswan mengatakan patroli kawal hak pilih ini mulai terjadwal Pasca Penetapan DPS. Hal ini untuk mengantisipasi warga yang belum masuk dalam daftar pemilih.

“Hari ini kami mengunjungi warga Dusun Panusupan dan Rejasari berusia 80 tahun yang tinggal berdua bersama anaknya berusia 65 tahunan. Kami mendapatkan laporan dari PKD untuk berkunjung dan memastikan warga tersebut tercoklit dan bisa menggunakan hak pilihnya, juga untuk memastikan jarak antara TPS dengan rumah warga,” ujar Dariswan.

Disamping itu Ketua Panwaslu Kecamatan Lumbir, Sindu Prayitno memberikan sosialisasi tentang jadwal pemungutan suara dan calon kandidat Bupati dan Gubernur.

“Kami memberikan sosialisasi tentang calon-calon yang akan ditetapkan dan melaju pada pencalonan Bupati dan Wakil Bupati dan Gubernur juga Wakil Gubernur, hal ini ternyata belum diketahui oleh warga. Ini penting untuk dilakukan sosialisasi pada warga-warga di daerah terpencil, jangan sampai ketidaktahuan mereka dimanfaatkan dan  dimobilisasi akibat kurangnya sosialisasi dan informasi,” kata Sindu.

Anggota Panwaslu Kecamatan Lumbir, Firda Maria menambahkan tugas kita semua untuk dapat mengawal pesta demokrasi ini, tidak hanya Pengawas saja tapi semua pihak baik masyarakat aparat juga tokoh masyarakat agar pesta demokrasi ini senantiasa berjalan dengan demokratis. Keterbukaan informasi, pemberian sosialisasi bagi warga terpencil, dan juga mitigasi kerawanan di tiap Desa sudah mulai harus dipikirkan oleh Penyelenggara Pemilu. (Firda Maria/Humas Panwaslu Lumbir)

editor: aks

Tag
bawaslu
bawaslu banyumas
Berita
Pilkada2024
Pencegahan