Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Banyumas Minta Panwascam Awasi Ketat Rekapitulasi Suara

Rani Zuhriyah

Anggota Bawaslu Kabupaten Banyumas, Rani Zuhriyah (tengah) saat mengawasi proses rekapitulasi penghitungan perolehan suara tingkat kecamatan Pemilu 2024 di Balai Desa Pesawahan, Rawalo, Sabtu (17/2). (foto: eksklusif)

PURWOKERTO, BAWASLU BANYUMAS - Pemilu 2024 saat ini telah memasuki tahapan rekapitulasi penghitungan perolehan suara tingkat kecamatan. Dalam tahapan yang cukup krusial ini, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Banyumas meminta Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) untuk melakukan pengawasan ketat.

Anggota Bawaslu Kabupaten Banyumas, Rani Zuhriyah menekankan pentingnya membuka mata dan telinga dalam mengamankan setiap suara rakyat yang disalurkan pada 14 Februari lalu. Menurut Rani, Panwascam sebagai ujung tombak dalam proses rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2024 di tingkat kecamatan.

"Panwascam diharapkan dapat menjadi garda terdepan dalam memastikan integritas dan keabsahan setiap suara yang telah dipilih oleh masyarakat," kata Rani di Purwokerto, Sabtu (17/2).

Wanita yang menjabat sebagai Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Kabupaten Banyumas itu juga meminta Panwascam segera berkoordinasi dengan Bawaslu jika ada temuan atau indikasi dugaan pelanggaran yang perlu penanganan lebih lanjut.

"Bawaslu Banyumas harus memastikan proses pemilu berjalan transparan, adil, dan jujur. Pengawasan melekat terhadap rekapitulasi suara di kecamatan diharap efektif dan menghasilkan hasil yang akurat dan sah," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Banyumas, Imam Arif Setiadi menyebut Pemilu di wilayah Kabupaten Banyumas secara umum berjalan baik. Salah satu indikasinya yakni tidak adanya Pemungutan Suara Ulang (PSU). Meski demikian, ada sejumlah temuan baik dari sisi teknis maupun non teknis dalam pelaksanaannya.

"Pengawasan terus kita lakukan sampai rekapitulasi Kabupaten. Bawaslu sudah all out sejak sebelum pemilu, pelaksanaan pemilu hingga penghitungan. Terutama dengan melibatkan 5 ribu lebih pasukan Pengawas TPS," kata Imam.

Selain Imam dan Rani, pengawasan juga dilakukan serentak oleh semua Anggota Bawaslu Kabupaten Banyumas mulai dari Yon Daryono, Amin Latif dan Suharso Agung Basuki. Pengawasan tersebut dilakukan untuk memastikan proses rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat kecamatan di Kabupaten Banyumas berjalan sesuai aturan. (Humas Bawaslu Banyumas)

Editor: aks/Humas Bawaslu Banyumas

Tag
Berita
bawaslu
Pengawasan