Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Banyumas Hadiri Konsolnas Data Hasil Pengawasan

Konsolnas Data Hasil Pengawasan

Konsolnas Data Hasil Pengawasan

JAKARTA, BAWASLU BANYUMAS - Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Banyumas, Rani Zuhriyah menghadiri Rapat Koordinasi dan Konsolidasi Data Pencegahan, Hasil Pengawasan Kampanye, Pemungutan dan Penghitungan Suara serta Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilu Tahun 2024 di Hotel Grand Mercure Kemayoran, Jakarta, 13 - 15 Maret 2024.

Anggota Bawaslu RI, Lolly Suhenti mengatakan momentum ramadhan paling tepat untuk melatih iman pengawasan. Pertama, mempertanggungjawabkan hasil pengawasan dalam ruang rekapitulasi. Yang kedua, mempertaruhkan hasil pengawasan diruang Mahkamah Konstitusi.

Tercatat  terdapat 141.000 data pencegahan online yang sudah dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten se-Indonesia. Menurut Lolly, teman-teman Bawaslu mempunyai daya kreatifitas yang tinggi, dalam konteks inovasi pencegahan dan hasil pengawasan baik dalam kampanye maupun pungut hitung.

Namun yang perlu diperbaiki adalah dalam hal Identifikasi kerawanan dan posko aduan masyarakat tidak dilaporkan dan baik, hasil pengawasan tidak terdokumentasi dengan baik. Penggunaan pelaporan menggunakan aplikasi Siwaslu juga masih perlu ditingkatkan.

Lolly juga berpesan agar data hasil pengawasan yang belum lengkap untuk segera dilengkapi.

"Yang datanya belum dilengkapi segera dilengkapi, semakin lengkap semakin detail maka akan mempermudah Divisi Hukum. Jangan sampai Mahkamah Konstitusi menganggap Bawaslu tidak bekerja karna datanya masih minim," ujar Lolly.

Dalam hal ini, Bawaslu Kabupaten Banyumas secara pelaporan data baik online maupun offline sudah sesuai dengan prosedur. (Humas Bawaslu Banyumas)

Tag
bawaslu banyumas
Berita